Mengoperasikan Software Spreadsheet

Apakah yang dimaksud Software Spreadsheet? Apa saja macam-macam Software Spreadsheet? Spreadsheet merupakan suatu tabel nilai-nilai yang disusun dalam baris dan kolom. Masing-masing nilai dapat memliliki suatu hubungan yang telah dterdefinisi dengan nilai yang lainnya. Jika salah satu nilai di ubah, maka nilai yang lain juga perlu diubah. Aplikasi Spreadsheet merupakan program komputer yang membiarkan kita untuk membuat dan memanipulasi lembar kerja secara elektronik. Pada suatu Spreadsheet, Masing-masing nilai menempati suatu sel. Kita dapat mendefinisikan tipe data pada sel dan hubungannya dengan sel-sel yang lain.




A. MENGENAL SOFTWARE SPREADSHEET
1. Pengertian Software Spreadsheet
     Spreadsheet (Lembar sebar) adalah software (program) menangani (mengolah) data dalam bentuk baris dan kolom. Data dapat berupa angka, teks, atau rumus-rumus kita letakkan dalam kotak(sel) yang merupakan perpotongan antara baris dan kolom. Spreadsheet ini biasanya digunakan untuk melakukan perhitungan yang menggunakan tabel(tabulasi). Fungsi standar yang digunakan adalah penjumlahan di suatu range dalam baris atau kolom tertentu, atau fungsi lainnya seperti pencarian nilai rata-rata, maksimal, minimal atau deviasi.Spreadsheet terdiri dari kolom (column) dan baris (row) yang jumlahnya sangat banyak. Dimulai dari kolom A baris 1 sampai dengan kolom IV baris 65536.

Tujuan umum software spreadsheet adalah untuk menyediakan pengguna dengan cara sederhana mengatur dan menyajikan informasi. Beberapa software Spreadsheet, antara lain sebagai berikut :
  1. Microsoft Excel
    microsoft Excel merupakan software spreadsheet yang paling digunakan di dunia. Microsoft Excel merupakan bagian dari Microsoft Office Suite dan pengetahuan untuk pekerjaan kantor kebanyakan. Microsoft Excel bisa sangat rumit dan membingungkan bagi banyak pengguna. Akan tetapi, tak terbantahkan bahwa Microsoft Excel mencakup banyak fitur yang bagus seperti kemampuan untuk membuat perhitungan berdasarkan rumus, menambahkan catatan untuk sel-sel individual, dan menarik sel ke posisi baru.
  2. Open Office Calc
    Open Office Calc merupakan alternatif open source untuk Microsoft Excel yang muncul dengan Open Office Suite. Open Office Calc memungkinkan pengguna untuk membuat grafik dan diagram berdasarkan persentase, menyusun informasi dalam cara-cara baru yang menarik, melakukan perhitungan, menetapkan fungsi, dan dokumen terpisah menjadi beberapa lapisan. Open Office Calc Mencakup Banyak Fitur hebat termasuk kemampuan untuk membuat formula berdasarkan kata daripada variabel, mengumpulkan informasi dari database eksternal, dan menghitung subtotal secara otomatis. Wizards juga membantu pengguna di seluruh program dalam melaksanakan tugas.
  3. Kspread
    Kspread berasal dari KOffice suite dan menyediakan pengguna banyak fitur spreadsheet. Kspread memiliki antarmuka yang unik, termasuk mengedit fitur dari semua produk KOffice suite lainnya sehingga pengguna dapat memodifikasi spreadsheet jauh lebih efisien.
  4. Gnumeric
    Gnumeric merupakan bagian dari Gnome Office Suite dan benar-benar open source di bawah GNU General Public License. Gnumeric mencakup semua perangkat dan fitur dari Microsoft Excel ditambah 154 Fungsi tambahan. Software ini juga termasuk alat batch processing yang dapat menerjemahkan dokumen dari satu format Spreadsheet yang lain.
  5. Been Sheet
    Been Sheet adalah Program Spreadsheet yang berbasis java berdasarkan java sumber interpreter, Bean Shell. Been Sheet memiliki kemampuan lebih dari software spreadsheet standar karena memiliki  akses penuh ke java Virtual Machine.
  6. Google Documents
    Google Doc memungkinkan pengguna untuk membuat dan mengedit spreadsheet secara online dan membaginya ke siapapun. Google Doc menangani berbagai bentuk dokumen sehingga pengguna dapat menggabungkan dari berbagai sumber informasi ke dalam satu spreadsheet.
  7. Sphygmic
    Sphigmic adalah program spreadsheet yang mencakup banyak fungsi dan fitur sebagai software spreadsheet. Program ini meliputi fungsi 125,126 kolom, dan 16.384 baris, sedangkan pengguna masi bisa bekerja dengan beberapa lembar sekaligus. Sphygmic juga dapat mengimpor file CSV dan menulis dalam Excel 4.0.
0 Komentar di Blogger
Silahkan Berkomentar Melalui Akun Facebook Anda
Silahkan Tinggalkan Komentar Anda

0 komentar:

Posting Komentar